Awas, Hindari Polluaging Yang Mengancam Kulit.

Selama ini masyarakat hanya mengetahui penyebab tanda-tanda penuaan dini hanya karena di timbulkan oleh paparan sinar UV, tetapi bukan hanya itu, ternyata polusi yang kerap menemani aktivitas sehari-hari pun juga bisa menyebabkan terjadinya proses penuaan dini. Jika kita tinggal di kota besar seperti jakarta dengan penduduk yang padat dengan kendaraan bermotor, polusi tentu menjadi salah satu kekhawatiran utama. Penuaan dini akibat polusi di kenal dengan istilah “Pulloaging”.

Apa itu Polluaging dan bagaimana cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit akibat polusi?

Dari namanya, mungkin beautylovers sudah bisa menerka tentang definisi dari Polluaging. Ya, Polluaging merupakan gabungan dari dua kata yaitu “pollution” dan “aging” yang merupakan proses dari penuaan dini pada kulit yang terjadi akibat polusi. Meskipun umumnya sinar UVA dan UVB dari matahari lebih dikenal sebagai penyebab utama penuaan dini, ternyata polusi juga menjadi salah satu faktor kuat yang berkontribusi besar dalam proses penuaan kulit.

Munculnya polusi tidak hanya berasal dari hembusan asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, tetapi juga asap yang berasal dari pabrik, asap pembakaran, debu, dan kotoran. Berdasarkan Journal of Investigative Dermatology, ditemukan bahwa polusi mengandung polycylic aromatic hydrocarcons yang dapat memicu produksi radikal bebas saat bersentuhan dengan kulit. Radikal bebas ini akan menyerang dan merusak sel-sel kulit yang sehat. Saat sel kulit rusak dan terganggu, skin barrier pun akan melemah sehingga menyebabkan kulit sensitif dan rentan akan iritasi. Kombinasi ‘serangan’ dari radikal bebas, paparan polusi yang membuat kulit kusam, dan menyumbat pori-pori inilah yang akan berujung pada timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Jika membahas mengenai sebuah proses penuaan, tentu lebih mudah dan lebih baik untuk mencegah ketimbang mengatasi. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bahaya Polluaging pada kulit.

 

1.Membersihkan Wajah secara Rutin

Langkah penting untuk mencegah kulit terhindar dari Polluaging adalah dengan memastikan bahwa kulit bersih dari polutan agar polusi tersebut tidak memiliki kesempatan untuk menyeran sel-sel kulit yang sehat. Lakukan metode pembersihan dua kali atau double cleanse untuk mengangkat sisa make-up dan membersihkan wajah dengan mencucinya dengan sabun pembersih serta menggunakan cairan susu pembersih pada setiap harinya minimal 2 hari sekali.

2. Memperkuat Kulit dengan Anti-Oksidan

Penangkal utama untuk menghindari radikal bebas adalah dengan anti-oksidan yang dapat melawan bahaya sekaligus membantu merawat kulit. Untuk menghindari Polluaging beauty lovers bisa melawan dengan memperkuat kulit menggunakan skin care yang mengandung banyak anti-oksidan seperti ekstrak buah maupun bahan natural seperti jeruk, apel, anggur, pepaya,atau ginseng.

3.Memperhatikan Kandungan dari Skin Care

Polusi udara pada umumnya cenderung menyebabkan inflamasi dan iritasi pada kulit, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita perhatikan skin care yang digunakan. Saat ini semakin banyak yang memilih perawatan kulit dengan bahan natural untuk bantu melawan polluaging karena umumnya tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

4.Rutin Menggunakan Face Mist

Selain melembapkan dan menghidrasi kulit, face mist juga kerap mengandung banyak anti-oksidan yang dapat memperkuat kulit dan memberikan kelembapan ekstra sehingga kulit tidak mudah kering karena paparan sinar matahari.

2019-08-13T07:23:13+00:00